SPARTACKS

Diberdayakan oleh Blogger.


Bukan striker Edward Wilson Junior atau Saktiawan Sinaga, yang mencetak gol tunggal Semen Padang mengalahkan Persija Jakarta 1-0, Selasa (26/10) di Stadion H. Agus Salim Padang. Tapi pahlawan "Kabau Sirah" kali ini adalah Hengky Ardiles, bek kanan yang rajin membantu serangan.

Gol Hengky lahir bukan karena kebetulan, tapi lahir dari sebuah proses yang sangat bagus. Kerjasama sentuhan satu dua dengan Ellie Aiboy dan Saktiawan Sinaga, membuat Hengky yang datang dari belakang memperoleh ruang tembak untuk menaklukan kiper kawakan Persija, Hendro Kartiko.

"Itu sebuah gol yang berkelas dari Hengky. Sebuah placing yang sempurna. Hari ini dia luar biasa," kata asisten pelatih Semen Padang, Zulkarnain Zakaria.

Uniknya, ini adalah gol pertama Hengky dalam laga resmi, sepanjang karirnya selama 12 tahun membela Semen Padang. Hengky hanya sempat bermain satu musim bersama Persikabo Bogor 2008/2009, sebelum dan setelah itu dia hanya membela Semen Padang.

Gol pertama itu tidak hanya menghadiahkan tiga angka bagi Semen Padang, sekaligus kekalahan pertama bagi Persija. Tapi uniknya, entah karena belum pernah mencetak gol, pemain berusia 30 tahun tak bisa melakukan selebrasi layaknya pemain yang baru usai mencetak gol. Hengky hanya "pasrah" memberikan dirinya untuk dipeluk rekan-rekannya.

Penampilan gemilang Hengky itu seolah membayar penampilan buruknya waktu melawan PSPS pekanbaru. Diman dia ditarik diawal babak kedua untuk digantikan Syafrudin.

"Ya, lawan PSPS saya bermain buruk, tapi sebalum lawan Persija saya sudah bertekad memperbaiki diri, kalau diberi kesempatan turun lagi oleh pelatih. Syukurlah saya bisa,"kata Henky saat ditemui seusai laga.

Selain Hengky, penampilan kiper Syamsidar juga patut diacungi jempol. Kiper asal Makasar itu berkali-kali melakukan penyelamatan gemilang dari serbuan pemain Persija. Sehingga gawang Semen Padang tidak kebobolan.

Selain itu, Syamsidar juga kiper yang paling sedikit kebobolan dari 18 tim Liga Super. Hanya satu gol yang sejauh ini bersarang di gawangnya. Hanya striker Persipura sekelas Boaz Salossa yang berhasil memerawani gawangnya di laga pertama.

Selain Hengky dan Syamsidar, kredit poin khusus juga pantas disematkan kepada Tommy Rifka Putra, bek sayap kiri yang tampil militan. Bahkan, anak Padang Panjang ini mendapat gelar baru dari penonton, sebagai "Michael Bastos"-nya Semen Padang.

Namun demikian, secara umum seluruh pemain Semen Padang tampil bagus melawan Persija. Bahkan Boleh dikatkan, melawan Persija adalh penampilan terbaik Semen Padang sejauh ini. Saktiawan Sinaga, walupun belum mencetak gol, tapi penampilannya mulai membaik, bahkan gol Hengky tercipta berkat assistnya. Begitupun Ellie Aiboy, tampil kali pertam selama 90 menit.

Tidak heran jika pelatih Nil Maizar nampak sumringah usai laga, dan memuji habis-habisan seluruh pemainya.

"Hari ini saya sangat bangga dengan pemain saya, mereka benar-benar telah mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik mereka mengalahkan Persija. Ini adalah kemenangan bagi seluruh anggota tim," kata Nil Maizar sesuai laga. (gk-33)


Posting Komentar